Tuesday, 12 August 2014

SHARING PENGALAMAN DIET (YANG KEPO DAN BERLEMAK WAJIB MASUK)



Selamat apa saja bagi kita semua para kepo-er yang ada di seluruh nusantara. Kenapa gue bilang kepo-er? Ya, karna anda-anda sekalian bisa mampir ke blog singgahan ini pasti setelah dengan keponya memasukkan keyword di embah gugel, seperti cara diet instan lah, cara nurunin berat badan lah, cara kurus pake kulit manggis lah, atau malah tips turun berat badan instan pake ekstrak kulit manggis biar bisa feel free kaya syahritit. Ops, gue lose control, hahaha. Dan gue emang sengaja bikin tag yang sering kita buat (kita? Haha) biar lo gampang nemuin blog gue. Kalo anda sampai tersesat di sini, berarti bisa saya prediksi jika anda-anda sekalian mengalami sedikit (atau banyak? wkwk) masalah dengan berat badan anda, yakan? (kenapa nadanya jadi rada ngiklan gini yak? Hehe) Eiitss, jangan berpikiran yang macem2 dulu, sya bukan dukun kok, saya cuma seorang cado yang pengen berbagi pengalaman diet saya. Saya juga bukan sales obat diet yang mau promosiin yang ini bagus, beli 5 gratis 1 aqua sachetan lah, promo bulan ini dapet bonus meteran lah, engga, sekali lagi engga. Gue beneran cuma mau sharing diet gue berdasarkan pengalaman nyata.

Oke. Berhubung gue seorang cado, dan supaya postingan kali ini terlihat sedikit ilmiah, gue bakalan ngasi tau sekilah dua kilah tentang apa itu obesitas.
Ehem. Ehem.

Jadi, sebelumnya, ada berbagai istilah dalam menentukan kategori berat badan anda berdasarkan tinggi badan.
ini yang gue kutip dari buku Food and Nutrition Therapy nya Krause,
“Overweight is a state in which weight exceeds a standard based on height; obesity is a condition of excessive fatness, either generalized or localized.”
Nah, dari pengertian sebelumnya, bisa kita bedain apa itu overweight, apa itu obesity/obese. Simpelnya, supaya semua gampang ngerti, overweight itu kelebihan berat badan tapi belum sampe obese. Nah kalo obes baru kita bilang kegemukan. Oke sampe disini? Lanjut.

Uda gitu, tau dari mana kita ini termasuk normal, overweight, atau obese?

Jadi ada indeks yang biasa kita pakai untuk menentukannya, yaitu IMT /BMI(Indeks Massa Tubuh/ Body Mass Index). Kasi tau gak ya rumusnya, hemmm. Hhi. Karena ini rumus uda pada lazim, seharusnya uda pada tau lah yaa, tapi supaya ga sesat ini gue kasi tau juga. Jadi IMT itu berasal dari hitung-hitungan berat badan anda (dalam kilogram(kg)) dibagi dengan kuadrat tinggi badan anda (dalam meter (m)).

 

Jadi, misalnya Sukiyem dengan berat badan 50 kg dan tinggi 150 cm, 150 cm harus kita konversi dulu menjadi meter, sehingga hasilnya kalo belum berubah menjadi 1,5 m. lalu tinggi badan tadi kita kuadratkan, hingga hasilnya 2,25 meter persegi. Nah, sekarang bisa deh kita buat itung-itungan IMT si mbak iyem..
IMT = 50/2,25 = 22,22222222222222222222222222 kg/m persegi

trus gimana? Sabar. Ini gue kasi kategorinya untuk anda-anda semua yang bermukim di sekitaran asia, kalo gue kan di London, jadi kaga pake yang ini ekekekkeke #ngimpi.

Underweight (Kekurangan BB, Kurus) = < 18,5
Normal (Pas, Ga gendut, Ga kurus, Sedang-sedang) = 18,5 – 22,9
Overweight (Kelebihan BB, Agak gemukan) = 23 – 24,9
Obesity Class 1 (Gendut, Gemuk) = 25 – 29,9
Obesity Class 2 (Gendut KALI, ehehe) = >30

jadi, mbak iyem tadi termasuk yang berbodi pas, karena IMTnya 22,22222. Gimana? Kalian uda pada ngukur? Hehhe.

Nah, ini uda selesai intermezzo nya, sekarang welcome to the jungle. Kita bakalan bahas metode diet apa aja yang pernah gue coba dan hasilnya kaya gimana.

PERTAMA
Pertama kali gue diet ini sekitar SMP. Disini gue uda bisa dibilang jadi anak gadis lah. Di masa ini pula gue malah gendut membahana ulala. Jadi ceritanya seinget gue itu saat kelas 2 SMP, gue mengazzamkan dalam hati gue kalo gue harus kurus. Hahaha. Tapi beneran, usaha gue ga bisa dianggap remeh. Hasilnya juga memuaskan. Ini yang gue lakuin:
-Skipping. Abis subuh gue skipping, pulang sekolah gue skipping, sore-sore gue skipping, tengah malem gue skipping.
-Ngeteh hijau dikasih air jeruk nipis. Teh ijo yang gue pake bukan yang roso-roso. Mereknya tjap djenggots deh kayanya. Gue minum tehnya sebelum makan. Dan memang, segelas the hijau yang itu ternyata bisa membakar 50 kalori cuma-cuma loh. Gue taunya pas udah gede malah.
-gue makan dikiit banget. Kalo lo pernah ke yogya dan makan nasi kucing, ya segitu-itu porsi gue makan.
-gue makan buanyak sayuuur.
Hasil:
Gue kurus drastis (lebay, sebenernya Cuma jadi engga gendut lagi aja), gue lupa berapa lama gue dietnya, tapi gue slalu ngejaga makan gue (ga kalap di depan makanan yang bikin iler netes), dan ini bertahan sampe gue masuk SMA. Gue juga jadi tinggi (menurut gue), karena gue skipping cukup rutin. Padahal dulu gue termasuk yang kontet di antara temen-temen seperjuangan gue, eh sekarang kalo reunian pasti mereka uda kalah tinggi ehehhehe.
Minus:
gegara ini gue kena maag. Ehehhee, karena gue seringnya nahan-nahan laper, jadi ya gitu deh.
Rating:
7/10

KEDUA
Diet WRP
masuk SMA gue masih berbadan normal. Seolah-olah ngikutin tingkatan IMT tadi, kelas 1 gue normal, kelas dua mulai overweight, dan kelas tiga berakhir dengan obes, hahaha. Gue nyalahin sekolah gue yang banyak banget kantinnya. (loh? Loh?) oke lupakan. Gue pun stress layaknya anak kelas 3 SMA lainnya. Masi mending yang lain cuma stress sama UN, lah gue musti ditambah stress sma BB gue yang kurvanya kaya harga dollar, naik mulu, bungcudh  eaa -.-“. Jadilah gue searching sono sini (engga sih, di gugel doang, sama kaya lo sekarang ekekkeke). Setelah gue liat iklan WRP yang cukup menjual di tipi dengan adegan khasnya yaitu seorang cewek berbodi gitar spanyol dengan lekukannya bisa melewati celah yang sempit, dan gue pun langsung cari reviewnya.  Dan banyak yang bilang yes, banyak juga yang no kaya mas anang. Dan memang dasar setan punya banyak cara, akhirnya gue pun ikut ke yes. Akhirnya gue menjatuhkan pilihan ke WRP. Diet WRP:
Gue Cuma inget gue beli yang 6day pack gitu. Harganya lumayan, lumayan mahalnya. Dulu sih hampir 150rb gitu kayanya. Nah isinya itu kita dikasih susu/shake sama cookies. Susunya itu diminum sebagai pengganti sarapan dan makan malem. Trus cookiesnya sebagai snack di sela-sela jam makan. Kita juga dianjurin buat olahraga. Gue Cuma olahraga seperlunya, karena gue ngerasa otak gue udah olahraga tiap hari gara-gara mau ujian hehehe.
Hasil:
turun sih, tapi ga gitu memuaskan. Di infonya selalu ditonjolkan bsa trun 1,5 – 2 kg/ minggunya. Paling keliatan di awal-awal. Setelah beberapa kali beli, seringnya stagnan.
Minus:
mahal bok. Akikah musti pulang kapan lagi dong kalo msti keluarin 150rb/6hari??? Akikah uda pulang pagi aja cuma sanggup beli bedak KW. Ehhehee #bences. Selain itu, kuenya enak, beneran enak, dan sekali jatah itu cuma 2. Helloo,, ngebayangin ngga sii gimana tersiksanya batin kita sesama orang yang doyan makan? Dan walhasil, gue bener-bener nahan laper. Katanya susunya yang bisa bikin kenyang, kali itu kaga berasa di perut gue. Ga lagi-lagi deh, sorry ya WRP.
Rating:
5/10

KETIGA
Senam. Nah ini kejadiannya, ga jauh selang kelulusan gue. Sambil nunggu-nunggu pengunguman snmptn, gue sama partner in crime gue, si Annisa Astari a.k.a nisa a.k.a bubu memutuskan harus segera  diet sebelum masuk kuliah nanti. Jadi kita ikutan kelas senam di salah satu pusat kebugaran khusus wanita yang kurang ternama di kota medan ehehehe. Gapapalah kurang ternama, yang penting kantong engga bolong kaya kejadian sebelumnya. Disini sehabis senam paginya, kita langsung beli buah ataupun sayur yang dibuat pecal gitu. Porsi makan gue gue jaga, gue cuma makan 5 sendok makan nasi putih, dan untuk menyiasati laper, gue makan roti gandum di sela-sela waktu makan gue. Di sini gue uda pinter juga  ngira-ngira berapa kalori yang gue perlu dan yang gue bakar. Oh iya, gue juga pake hand & body firming yang warna biru dari Vaseline, gue belinya juga iseng pas belanja ke mall malah nemu itu. Gue makenya pas sebelum senam, supaya mencegah kulit kita ada kulit jeruknya, dan biar kenceng. FYI, kalo lo termasuk orang yang obesnya parah, lo musti ati-ati sama kulit lo kalo lo berhasil turun berkilo-kilo, jadi, perubahan yang sangat drastis itu bisa menyebabkan timbulnya kulit jeruk di kulit. Intinya, mau dari kurus ke gemuk, atau gemuk ke kurus, perubahan itu  mengganggu protein di kulit kita yang fungsinya menjaga kulit tetap elastis, maka timbullah si kulit jeruk (bahasa bataknya stretch marks) tadi.
Hasil:
Lumayan lah.
Gue turun sekitar 5-6 kg dalam waktu hampir 2 bulan. tapi bubu Cuma 2 kiloan doang hiks.  Kantong gue juga biasa aja. Biaya senamnya Cuma 75-100rb/bulan. Ga mahal, bugar lagi hhehe.
Minus:
Gue kadang males, males pergi ke tempat senamnya haha. Apalagi kalo ternyata bubu juga males, wuiiih, kebayang deh magernya. Ehehe. Upaya yang dibutuhkan disini juga gede. Yaiyalah, namanya usaha!
Rating:
8/10

KEEMPAT
Diet Entrasol (1 minggu pertama doang, sisanya ngandalin senam entrasolnya)
wohoho. Diet gue yang kali ini tergolong ajib dan sukses bingits. Jadi waktu itu ceritanya gue sakit karena kelelahan saat libur panjang semester dan puasa. Walhasil, saat itu BB gue merosot tajam setajam silet ke angka 51 kg. pencapaian yang ruar biasa bagi seorang gue yang biasanya hanya selalu bertahan di 57-59. Karena kegirangan dan yakin dengan kurusnya gue, gue pun lalap dan kalap. Ya, semua terjadi begitu cepat, terutama saat idul fitri berlangsung, gue makan membabi buta, guenya makan kaya babi, eh orang yang jadi buta. Maaf, bukan itu. Lupakan. Idul fitri berlalu gue masih makan kayak emak-emak prenagen trimester 1. Kalap. Ditambah lagi kabar gembira gue lolos jadi finalis untuk lomba ilmiah di Makassar. Gue terbang ke sana dan di sana gue bener-bener diservice dengan segala macam makanan khas Makassar yang lemak-lemak tentunya. Sepulangnya gue menyadari pipi gue yang terlihat sangat membulat di foto kenang-kenangan yang ada. Gue memberanikan diri untuk menimbang dan waw, amazing, benar saja, gue langsung musuhan sama timbangan seketika itu juga karena angkanya menunjuk ke angka 65. Benar-benar angka yang belum pernah gue dapet di dunia perberatbadanan namun sering gue dapet di dunia persekolahan. Halah. Udah gendut, bego hehehee. Jadi lah, gue diet lagi dan lagi. Dan sepertinya Allah yang maha baik ngasih petunjuk dan hidayahnya sama gue saat gue secara ga sengaja nemu Entrasol Healthy Diet Pack di swalayan Macan Yaohan. Harganya hampir sama kaya WRP, sekitar segitu juga. Packingnya juga, Cuma bedanya, ini untuk 7 hari. Beda sehari doang hehhe. Seakan tidak belajar dari pengalaman sebelumnya, gue membeli paketan ini dengan penuh harap BB gue back to the nature.
oke mari kita bedah isinya. Jadi tetep disitu ada susu untuk gue minum sebagai pengganti sarapan dan makan malam. Beda dengan WRP, kali ini gaada cookies nya. Yang ada gue dikasih CD aerobiknya entresol sama suplemen gitu. Dari deduksi gue, sepertinya suplemennya itu pembakar karbo deh. Tentu lo pernah denger kan berbagai macam suplemen diet yang ada, bisa pembakar karbo, bisa penghancur lemak, macem2 deh. gue ngejalanin sesuai instruksi, gue jaga kalori, dan gue senam 2 x sehari. Gue minum juga sih suplemennya tapi cuma di minggu pertama aja. Untuk susunya, bahkan bertahan sampe 2 minggu sama gue karena gue kali itu ga ngelewatin makan malem. Intinya: gue senam pagi, minum susu, makan buah , makan siang 5 sendok makan di piring yang mungil dan makan juga menggunakan sendok yang mungil – makan roti gandum – senam sore – makan sore paling lama jam 6 – tidur, kalo laper dibawa tidur aja. Gue bener-beneran niat kali ini, gue beneran disiplin sama aerobik dan porsi makan gue dan bahkan gue rela nyari toilet yang ada di lantai 3 supaya gue banyak gerak dan ga males.
Hasilnya:
gue turun 9 kg yang tadinya 65 jadi 56 dalam jangka waktu ga nyampe sebulan. Bener-bener dah, kalo uda niat, apa aja juga bisa kejadian. Waktu itu serasa ada backsound lagu india dan gue nari-nari di tengah padang rumput dan tiba-tiba uda banyak juga aja yang nari-nari bareng gue. Ah lupakan. Mari fokus kembali. Gue juga jadi ngasihin orang-orang cd senam aerobiknya hahhahaa. Pokoknya gue seneng banget bisa normal lagi.
Minus:
Rada mahal aja sih, makanya gue cuma beli sekali hehe. Selain itu pake suplemen, walaupun ga kepake haha.
Rating:
9/10


Oke,, sekian. Gue uda terlalu banyak nge-wasting haha. Tapi semua berdasarkan pengalaman nyata kok. Oh iya, ini juga gue kasi beberapa tips diet yang insya Allah ga menyesatkan dan semoga bisa berguna. Cekidot!

- kalo punya duit, bagusan konsultasi dulu deh sama dokter ahli gizi terdekat, biar kita tahu sebenernya seperlu apa kita diet, berapa laju metabolisme kita, dan berapa kalori yang kita butuhkan serta berapa banyak kalori yang harus kita potong dan bakar tiap harinya. Kalo ga punya ya anggep aja lah kita perlu 2000 kalori tiap hari, nah kalo mau diet, harus dipotong hingga menjadi 1500 kalori aja. Nah, selanjutnya pinter-pinter kita deh menyusun menu 1500 kalori itu bisa makan apa aja. Kalo dokter ahli gizi pasti uda paham deh.
- jangan berharap bisa turun dengan instan. Semua perlu usaha dan berjangka waktu mas dan mba beroo semua… jangan dikit-dikit tergiur sama iklan, kulit manggis lah, kulit badak lah dan yang paling sering pil-pil yang ga jelas asal-usulnya. Mungkin bagi yang pernah coba memang bisa menurunkan BB, tapi tidak dengan cara yang sewajarnya, bisa anda dibuat beser (bolak-balik pipis) atau malah jadi diare. Nyiksa banget kan? Yang dibuang bukan lemak tapi cairan tubuh. Yang ada lo dehidrasi dan bisa jatuh ke pelukan gue, maap salah, jatuh sakit maksudnya. Stop lah pake yang begituan. Useless dah.
- disiplin kalo uda bertekad. Jangan males. Bagus sih cari temen, tapi kalo temennya malah ikutan males gimana? Kalo semangat itu mulai luntur, coba ingat-ingat kembali apa alasan utama lo sehingga memutuskan gue, maaf salah lagi, memutuskan untuk diet? Tanam itu baik-baik di pikiran. Dan bayangkan juga hal terburuk yang bisa terjadi kalo lo ga diet, bakalan jadi gendut, diledekin, jadi penyakitan, ujung-ujungnya ke kuburan. Iihh serem.
- olahraga. Gue bener-bener nyaranin yang satu ini. Dan olah raga yang paling gue seneng sejauh ini ya aerobiknya si entresol, bener-bener pas, nyantai, ga nyiksa, dan ada latihan bebannya juga. Terserah apa favorit lo, tapi gue nyaranin aerobik untuk nurunin BB karena ampuh ngeluarin banyak keringat. Kalo lo ga punya waktu, bisa cari contoh gerakan di youtube pake keyword 3 minutes workout yang nguras banyak keringat dalam waktu yang singkat.
- ngeteh ijo. Seperti yang gue jelasin sebelumnya ini emang terbukti ngebakar 50 kalori secara Cuma-Cuma.
- makan secara perlahan dengan porsi terjaga menggunakan piring dan sendok yang kecil. Hal ini beneran bisa membuat kita kenyang lebih lama karena otak menganggap kita telah makan banyak karena memasukkan jumlah suapan yang lebih banyak karena memakai sendok kecil dan proses mengunyah yang lebih lama. Selain itu dengan menggunakan piring yang kecil kita jadi akan kesulitan memperbanyak porsi makan kita, apalagi jika kita malah melebihkan banyak sayuran di sana. Lauk berlemak yang lain jadi tersisih deh.


Mungkin itu aja tips dan pengalaman dari gue, semoga cukup berguna. Semoga diet lo semua berhasil aamiin. Oiya, jangan anggap gue alay karena ngeliat huruf gue naik turun. Itu bener-bener ga disengaja, typo dari keyboardnya nih, serius. Dan yang mau berbagi pengalaman segera ditunggu komennya ya..

30 comments:

  1. Selamat siang bapak/ibu,maaf numpang promosi ya,,kami dari MEDIONE ..Perusahaan kami bergerak dibidang jasa rumah sakit diluar negri, diantaranya :
    *Malaysia (Pantai & Gleaneagles,Mount Miriam, Sunway Medical Center)
    *Singapore (Parkway Group,NUH,Tan Tock Seng,Singapore General Hospital)
    *Thailand (Bumrungrad)
    *Australia (Royal Children ,Health Scope Group)
    Kami dapat membantu bapak/ibu memberikan informasi pengaturan RS, temu janji dokter,Transportasi dan akomodasi ,secara gratis,yang dapat memudah kan anda dalam melakukan pengobatan / medical check up di luar negri.Bapak/ibu dapat menghubungi kami di
    021-45645694 / 085694454757
    email : admin@medione.co.id
    medione.hc@gmail.com

    Demikian informasi dari kami semoga bermanfaat

    Terima kasih
    MEDIONE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

      Delete
    2. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Ibu Rasmita Tki Malaysia, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya saya menemukan jalan /solusi melalui Program Hibah Dana Gaib di web www.pesugihanuang.xtgem.com. saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Dengan keyakina dan keberania saya ikut bergabung untuk mengikuti Program Hibah Dana Gaib dan memohonkan dana sesuai kebutuhan dan kesanggupan saya. Cuma dalam waktu 2 hari saya mendapat telpon dari pihak Program tersebut, Alhamdulillah dana yang saya mohonkan sudah cair dan sudah dapat saya gunakan untuk melunasi hutang. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi Kh. Tambrin Abdullah 0853-9774-5894 kunjungi website www.pesugihanuang.xtgem.com atau KLIK DISINI ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya
















































































      Delete
  2. Mbak trisnadwilestari, share senam aerobiknya juga dong, hehehe

    ReplyDelete
  3. Ga ada satu jenis diet yang berlaku universal. Kalo mau tau jenis diet yg tepat buat kamu. Silahkan konsultasi ke dokter online di udoctor.co.id. GRATIS

    ReplyDelete
  4. Sampe ketawa liat bahasanya hehehe.... Diet emang butuh usaha keras 😭 doain supaya bisa turunin target 11 kg 😭👏👏👏👏👏

    ReplyDelete
  5. waaaah ini saya kurang 2 angka lagi nih buat jadi normal hehehehe :D makasih dah cerita pengalaman cara menurunkan berat badan sista :D

    ReplyDelete
  6. YN
    Terima kasih untuk sharingnya...semoga saya bisa disiplin he he he
    ISO 14001l

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Hai isnaa. Seneng banget bisa baca cerita km karna btw semua ceritanya sebagian besar mirip sama aku. PERSIS. mau tanya nih yg entrasol apa udah ada yg jual di supermarket2 kayak indoma**t dll. Dan pas beli udah dapet kaset aerobiknya kak? Makasih salam kenal yaa.

    ReplyDelete
  10. bagus nhe info dietnya untuk calon istri, makasi artikelnya
    klg
    fatma farma

    ReplyDelete
  11. Terima kasih telah membagikan infonya,semoga bermanfaat dan membantu.Kali ini saya akan memberikan info tentang bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan aman dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan dibantu mengkonsumsi kangen water.Apa saja manfaat kangen water bagi tubuh anda?.Dan memperoleh tubuh yang langsing tanpa efek sampingdan tanpa obat.

    ReplyDelete
  12. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    ReplyDelete
  13. banyakin baca tips kesehatan dan kecantikan biar bisa terarah cara ngedapetin tubuh ideal cantik mempesona...

    terima kasih :)

    ReplyDelete
  14. aku juga pernah ngalamin berat badan berlebih tapi bisa cepat turun karena sakit sih hehehehe udah sehat eh gendut lagi karna liburan terus ,sekalian aja deh rekomendasiin ini HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER

    ReplyDelete
  15. Thx utk info nya..mampir jg yuk ke http://elementmtb.com/bakar-kalori-dengan-bersepeda/

    ReplyDelete
  16. PROMO ! suplemen peninggi& suplemen pelangsing.dll kunjungi aplikasi suka sehat di google playstore

    ReplyDelete
  17. PROMO ! suplemen peninggi& suplemen pelangsing.dll kunjungi aplikasi suka sehat di google playstore

    ReplyDelete
  18. PROMO ! suplemen peninggi & suplemen pelangsing, Penggemuk.dll kunjungi aplikasi SUKA SEHAT di google playstore

    ReplyDelete
  19. yas saya lagi berusaha diet hahhaa dan baca ini tambah semangat diet..mbak aja bisa kok saya gabisa..makasih inspirasinya mbak

    ReplyDelete
  20. Dapatkan Jutaan Rupiah Dengan Cuma Cuma
    Hanya Di SumoQQ
    Real Website Real Player, Real Winner
    Silahkan Buktikan dan Bergabung Bersana kami
    Dan Raih Bonus Extra Jumbo :
    - Bonus Extra Jumbo Rollingan
    - Bonus Refferal Seumur Hidup
    CS Ramah & Profesional Siap Melayani 24 Jam
    Proses Transaksi Di Jamin Super Cepat
    Kartu Bagus (Easy To Winn)
    Support 6 Bank Local
    Minimal Deposit & Withdraw 15Rb
    Jangan Mikir Lagi Bos !!
    Jalan dan Kesempatan Sudah Ada Di Depan Mata
    Jangan Sia2 Kan Kesempatan Yang Ada bos !!
    Ingat Bahwa Kemenangan Ada Di Pilihan Anda.
    Jadi Jangan Sampai Salah Pilih Situs
    Ingin Jadi Jutawan SumoQQ(dot)com Solusimya !!
    Hub kami Untuk Info Lebih Lanjut :
    Skype : SumoQQ
    Fb : SumoQQ
    BBM : D8ACD825
    Line : SumoQQ
    WA : +855 96 497 3259
    Link Alternatif :
    www(dot)SumoQQ(dot)net
    www(dot)SumoQQ(dot)info
    www(dot)SumoQQ(dot)org
    Join Sekarang !! Kami Tunggu Kehadiran Para Calon Jutawan

    ReplyDelete