Monday 14 November 2016

Malaikat itu Ku Panggil ‘BUYA’ (A Tribute to Aznan Lelo, Sang Dokter tanpa Pamrih)

Assalamu’alaykum semuanyaa..

Semoga tetap ga bosen ya nungguin postingan baru blog hina yang udah berhibernasi entah berapa lama ini :’) *tunduk malu. Sangking lamanya ga pernah ngepost lagi, mungkin udah ada dari kalian yang jenggotan tua, atau bahkan udah dapet cucu? haha. Iya sih, presiden aja udah ganti, mulai dari presiden Indonesia sampe presiden Amerika. Gue juga udah tamat kuliah, bahkan udah mau tamat co-assnya dan entar lagi jadi dokter haha, aamiin, doain ya semuanya lancar.

Trus, trus, the question is, kira-kira kenapa gue tiba-tiba ngepost lagi ya? Malaikat mana yang lewat dan ngingetin buat ngeshare postingan blog ini? Atau post ini hanyalah salah satu postingan terselubung buat black campaign para calon kepala daerah? Haisss, lupakan. Pembicaraan udah lari sampe tak terkejar lagi. Okay, engga, serrrious gue ga ada maksud buat koar2 bilang pilih uwak A pilih uwak B, uwak A baek uwak B jujur, uwak A ganteng uwak B cantik, uwak A kasih beras gratis uwak B kasih lipstick KYLIE set baru gratis, oke fix, pilihan jatuh ke uwak B #ekh gagal fokus.
ENGGAAA, bukan, sekali lagi gue ga mau kampanye, gue bukan TS (tim sukses) dari partai manapun, tapi kalo dikasih KYLIE set free nya ga nolak juga sih hehehehehehehehehehehe #mupeng #goyah iman.
Engga ya, engga, postingan ini bukan untuk kampanye yaaaaaaa. Wassalam.

Jadi kan tadi pertanyaannya kan malaikat mana yang lewat dan ngingetin buat posting lagi kan.. Nah, jadi cerita-cerita tentang malaikat, gue ada mau ngeshare tentang salah satu malaikat ‘nyata’ yang gue temuin. Aseli, di dunia nyata yang fana ini, ternyata masih ada malaikat-malaikat berwujud manusia. Kalian juga pasti beberapa ga asing lagi, karena doi emang belakangan ngehitsssss banget gitu di sosmed sampe bolak balik masuk tipi diundang sama berbagai acara talkshow, acaranya yang bawain om-om botak lagi, yang satu nama acaranya TENDANG ANDY (kesannya penuh unsur kekerasan gitu ya? wkwk), yang satu lagi nama acaranya PUTIH HITAM (yang ini kaya pas foto jaman dulu). Tapi kan alhamdulillahnya, gue juga kecipratan harumnya juga, gue ikutan masuk tipi wahahahahaaha, #rejeki anak solehah.
Langsung cuuus gue kenalin aja malaikatnya yahhh.

Nama beliau itu AZNAN LELO. As simple as that, itu nama yang dikasih dari lahir ama mendiang emak bapak beliau. Tapi kalo udah ikut pake gelar yang doi dapet semasa hidup, wuuuuiiiihhh, bisa berselemak lidah ini nyebutinnya kalo orang Medan bilang, hehe. Kalo ikut gelar-gelarnya jadinya Prof. dr. H. Aznan Lelo, Ph.D, Sp.FK, *mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan nama dan gelar* #alibi percetakan di undangan kawinan mode on. Oh iya, buya itu dapet gelar Ph.D nya di Australia looh, keren bingits kan, anak tukang jahit bisa sekolah di negri kangguru. Anyway Ph.D itu bukan P*zza H*t Delive*y ya, entar jadi pada salah fokus mikirin roti gepeng bulet yang endes itu hmmmm. Nah itu juga belum lagi kalo gelar dari kampuangnya beliau ikut serta juga, secara doi itu urang awak, jadi kalo gelarnya ikut, jadi Datuak Nan Sakti Prof. dr. H. Aznan Lelo, Ph.D, Sp.FK. hahhhahahhahhahahhahahhahahha :’), Rumit kali namanya adek rasa bang, serumit tali percintaan kita (‘: *tsaaaaaaaaaaaaaah.
Beliau sendiri akrab gue dan kami semua anak-anak didiknya kami sapa dan panggil dengan panggilan kesayangan ‘BUYA’, yang sebenernya artinya bapak, romo, ayah, papa, atau sejenisnya gitu deh. Sebelumnya gue tunjukin foto buya dulu ya biar kalian semua pada tau wajah malaikatnya.


Ini buya, hensem kan?

Ini waktu selesai shooting Tendang Andy

Ini pas kami kasih surprise ultah buya di kantor

Ini pas gue ikutan masuk tipi wahahaha



Gimana gimana ganteng kan buya? Walaupun udah berumur, Buya yang lahir 2 Desember 65 tahun yang silam ini masih full energy gitu. Jadi ceritanya buya ini gue anggap punya badan yang luar biasa setrong, engga kaya gue yang dikit-dikit ngeluh caphe lah, ini lah, itu lah. Kalian bisa bayangin, buya tiap harinya bangun subuh dan pagi-pagi udah harus berangkat menunaikan tugas mulia, yaitu mengajar sebagai dosen di almamater gue tercinta FK USU. Buya sendiri kalo lagi ngajar itu jelas banget, buya yang merupakan dosen farmakologi klinik ini selalu menekankan sama kami semua untuk ga jadi dokter yang matre hanya demi keuntungan kami pribadi. Buya selalu mengulas farmakoekonomi suatu obat, dan dalam praktiknya sendiri buya juga selalu memberikan obat generik yang bahkan saking murahnya sulit ditemukan di apotek-apotek karena jualan obat tersebut engga akan kasih keuntungan yang signifikan. Hanya di beberapa kasus doang Buya ngeresepin obat paten. Semoga sih gue bisa kaya buya ya, ga matre.

Terus abis ngajar biasanya buya ada kesibukan lain untuk ngisi ngisi acara sebagai pembicara, baik mengenai hal-hal medis maupun hal rohani. Baru entar Buya lanjut buka praktik beliau yang bisa ditemui di Jalan Puri, gue sendiri lupa nomor rumah tua yang jadi tempat praktik buya tapi kalian semua pasti bisa langsung nemuin praktiknya, karena selain semua orang yang di sekitar situ pasti tau dimana praktiknya ‘Dokter Lelo’, praktiknya yang bakalan selalu dipenuhi lautan manusia sejak hari mulai gelap ini membuatnya semakin mudah dicari. Saking ramenya, ada juga beberapa yang mencoba mengais rezeki dari ramenya praktik buya dengan berjualan berbagai makanan dan minuman di sana.

Dalam menjalankan praktik, buya dibantu istri buya, mami Rahmayanti kami tercinta, dan beberapa mahasiswa pre klinik (yang masih kuliah), klinik (yang co-ass), dan bahkan yang udah jadi dokter. Gue sendiri mulai gabung udah hampir 3 tahun. Buya dan mami menerima dengan tangan terbuka, baik banget kan. Ga ada batasan buat yang mau ikutan praktik di tempat buya ini, siapapun boleh. Yang penting hanyalah kemauan (dan ke’jenggoan’, mengingat praktik tutup saat habis pasien yang bisa kadang sampai jam 2 malam :’)).

Di praktik kami membantu menganamnesis pasien, melakukan pemeriksaan fisik, dan sekaligus di sana kami bisa belajar membuat resep yang baik dan benar dari ahlinya. Gue sendiri alhamdulillah udah terbiasa menulis resep dan cukup terbantu dalam dunia perkoassistenan gue yang penuh suka dan duka ini, di beberapa occasion kadang para supervisor suka ngeresponsi buat kasih resep ke pasien, dan gue jadi ga canggung lagi buat nulis resep, sekalipun itu resep racikan.
Di praktik juga gue alhamdulillah bisa nemuin kasus-kasus mulai dari yang biasa, sampai yang unik, yang ga perlu diapa-apain sampe yang ga mau ditanganin buya karena terapinya harus dengan pisau operasi. Gue juga jadi belajar berbagai obat-obatan yang ada di pasaran. Gue juga belajar berbagai ‘resep tradisional’ ala buya buat beberapa penyakit tertentu yang menggunakan tumbuh-tumbuhan alami.

Dan kalian tau? Semua pasien yang datang tidak pernah diharuskan membayar patokan tarif, layaknya seperti kita berobat di fasilitas kesehatan lainnya. Buya menyediakan amplop kosong di teras praktik, dan nanti para pasien boleh memasukkan balasan jasa ke dalam amplop tersebut dan tentunya seikhlas hati pasien. Kami pernah membantu membuka amplop tersebut dan isinya bervariasi, mulai dari 5000 hingga hitungan ratusan ribu. Selain itu, buya juga sering ngajak kami untuk ngerjain sirkumsisi (khitanan) yang juga ga dipungut biaya tertentu, semuanya seikhlas hati. Sirkumsisi sendiri sering kami kerjakan kalo lagi musim panen hahaha, yaitu musim-musim menjelang libur sekolah. Bisa dibayangkan berapa banyak kulit anu yang bisa kami jadikan kikil hahahahahahhahahahaahahaha.

Biasanya, setelah praktik selesai, kami makan bersama memakan masakan mami tercinta yang super endesss. Apalagi sambeladonya mami, maknyuuuuuusss. Hahaha. Dulu sih sebelum praktik serame ini (dulu juga rame, tapi tambah-tambah ramenya setelah buya makin ngehits se-antero Indonesia), kami juga bisa menghabiskan waktu dengan nonton bareng di bioskop, mulai dari pilem boliwut ampe pilem holiwut di akhir pekan. Namun, sekarang, ya gitu deh.. hahaha. Jadi udah kebayang kan gimana kuatnya buya yang setelah praktik tutup jam 2 malam (bisa sekalian tahajud mak) harus lanjut lagi paginya unutk lanjut beraktivitas.
Oh iya, gue juga suka ikut kalau buya ngisi acara di seminar-seminar, baik di dalam maupun luar kota. Lumayan.. dapet ilmu mehong secara gretongan.

By the way anyway busway, gue mau bagiin beberapa nasihat buya yang selalu buya sampein di praktik:
1. STOP GARAM SETAN a.k.a MSG untuk satu keluarga. MSG disini akan selalu tersedia di sekitar kita, di semua makanan yang terbungkus dan berpengawet, dan menggunakannya sebagai penyedap. Jadi bagi semua yang mau hidup sehat mending masak sendiri di rumah dan menggunakan bumbu bumbu dapur alami, jangan hanya gara-gara 5 cm lidah di mulut, tubuh mendapat efek buruknya.
2. Makan SAYUR. Kayanya ini ga perlu diurai lagi deh kenapanya, kita semua tau sayur mayur itu baik buat kesehatan, khususnya kesehatan pencernaan.
3. STOP Garam, ini biasanya dinasihatin buat para penderita hipertensi.
4 Kalau mau tau nasihat-nasihat lain boleh jumpain buya langsung hihihihi.

Oh iya, buya juga sering didatengin pasien buat keluhan sulit memiliki anak. Bagi yang mau dateng, jangan lupa catat tanggal hari pertama haid selama 3 bulan sebelumnya supaya buya bisa nentuin waktu subur si wanita. Nanti disana buya juga kasih beberapa nasihat agar bisa hamil selain tentunya dengan izin Allah.

Terakhir, gue rasa gue udah cukup banyak berkoar-koar di sini. Gue sih berharap gue bisa nerusin buya, jadi dokter yang arif, biijak, dermawan, dan selalu mengepentingkan kesehatan pasien, and yang paling penting, ga matre (yang ini nih penuh godaan, contohnya KYLIE Lippen tadi (’:). Gue juga mau ucapin banyak-banyak terima kasih sama buya mami ummi. Gue tau terima kasihnya gue mah kurang dibandingin semua ilmu dan nasihat serta kebaikan lain yang udah buya berikan sama kami anak-anaknya. Harapan gue buya bisa sehat selalu dan tetap jadi sosok teladan kami semua. Semoga, Indonesia memiliki buya-buya lainnya di luaran sana, semoga kami bisa juga menjadi buya-buya muda yang berkontribusi buat kebaikan negri ini.

Sekali lagi terima kasih buya kami (’:

1 comment:

  1. Asw mba. Klo ksana bukanya jam brpa praktiknya mba? Klo untuk daftr dlu gmn mba. Tkutnya antriannya panjang. Di jlan puri kira2 di gang apa ya mba? Trima kasih mba

    ReplyDelete