Monday 22 July 2013

smartphone oh smartphone

mau nge-share  dikit tentang smartphone. terlintas gara-gara ada display picture bbm temen yang bunyinya, 'we live in the era of smartphones but with stupid people'. sepintas emang bener statement tadi. gue baru benar-benar kenal sama smartphone sekitar 2 tahun yang lalu. kenapa benar-benar kenal? bukan karena gue yang terlalu kepo, bukan. tapi emang kata-kata yang ada di dp bbm td bener-bener kerasa benernya. aktual gitu. kita tau, sekitar tahun 2008-an, blackberry a.k.a bb lagi booming-boomingnya. right. itu smartphone yang ada saat itu. harga bb ngelunjaak jauhh di atas puncak ngalah-ngalahin puncak harga bawang. dan harganya itu, kaga mau turun-turun. gue, sebagai orang yang banyak-sedikit paham tentang gadget, nyoba browsing apa keunggulan smartphone yang satu ini. ternyata, dari semua sumber yang gue dapet, keunggulannya adalah..... gaada. -____-.

ya, keunggulan selain fitur bbmnya, gue rasa gaada. gaada. titit eh salah titik. kenapa gue bilang gaada? kalo diulas lebih dalem, di zaman mutakhir kaya sekarang ini, internet berkembang pesat, tentu kita semua jadi kepo pada nyari internet cepat, ngebut dan anti lelet. nyatanya, walaupun itu bb uda ngeklaim jaringannya uda 3G lah, 3,5G lah, 10G juga, dan provider yang kita pake uda yang kualitas top markotop, emang dasar itu browsernya payah. mungkin cuman untuk buka sebuah blog antik kaya gini aja nunggu loadingnya bisa setara kaya lo mulai dari bangun tidur ampe selesai sarapan dan siap berangkat untuk beraktivitas ke haluannya masing-masing. yang mau ngaminin silahkan komen. untuk fitur-fitur lain kaya mp3 player, gue rasa semua hp saat itu yang termurah juga uda ngasih fitur itu. apalagi? kamera? ambil bb gemini lo (iya yang punya gemini, gue yakin lo pasti punya gemini, itu hp dengan penjualan tertinggi pada masanya), balik ke belakang, liat betapa buremnya penutup lensa lo. dan pastiin, itu cuman kamera 2MP, 2,0 ga lebih ga kurang. fitur standar yang lagi-lagi dimiliki sama vendor-vendor lain.
itu masih mending gemini, dulu banget sebelum zaman trackpad, ada yang namanya trackball. hhahhahhahaha. kenapa gue ketawa? karena ini sebuah kecacatan lainnya dari si smartphone ini. setiap gue ngelangkah keluar kelas dulu, pasti ada aja temen gue yang nyeletuk, duuuh, ni trackball macet kaga bisa diapa-apain. hahahha. gue senyum iblis. rasain. dan seperti yang kita tau semua ya saudara-saudara, ini produk, kalo uda rusak, ngeklaim garansinya kebanyakan harus dikirim ke luar kota -jakarta red. oke kalo lo tinggal di jakarta. lha bagi kita yang tinggal di kota yang buka puasanya paling terakhir disiarin ama seluruh stasiun tv gimana -medan red-? dan sekali dikirim, prosesnya ga kaya nungguin gebetan lo main game atau futsal, tapi kaya nungguin kapan gebetan lo bakal nembak lo. ya, LAMA. berbulan-bulan.

oke cukup dulu bahas kecerdasannya si smartphone ini. balik ke topik awal, jadi ceritanya, di sekitar akhir 2010 - awal tahun 2011 terjadi gebrakan revolusioner sebuah vendor china yang menjiplak vendor dengan buah apel yang udah sedikit kegigit. muncullah sebuah sistem operasi baru yang sampai sekarang dikenal dengan android. vendor ini dulunya cuma dikenal dengan hp-hp yang low budget, bersuara nyaring ngingnging dan model yang unik-unik. tapi, setelah menelurkan hp dengan os android ini, vendor ini seakan berjaya kembali. setiap bulan ada aja keluaran terbarunya. oke cukup sejarahnya, makin lari topiknya.

nah, jadi dulu tuh, awal muncul ini OS, orang masi banyak belum ngerti apa kegunaannya. temen gue, si chaerul yang pertama di antara kami yang punya hape beginian, tapi kaya yang gue bilang di dp bbm td, setiba hape nya uda pinter, nah giliran orangnya kaga pinter-pinter. seinget gue ini anak beli hp dengan harga mahal. tapii, ujung-ujungnya dia cuman pake layaknya hape biasa, bukan smartphone. mungkin ini juga karena dulu paket internet belum semurah sekarang ini dan juga hapenya dia masi android generasi pertama, 1,6/2.1 (donut/eclair gue lupa) jadi dia ga bisa explore banyak sama hapenya. dia aja ga bisa, apalagi gue yang bukan si empunya hape. singkat cerita, disitu gue uda mulai kenalan langsung ama yang namanya smartphone. gue uda tau ada sesuatu yang lebih dari itu hape yang gue rasa responsif banget. dan bener aja kan? lo bisa buktiin sekarang sama gadget yang pasti lo semua uda punya ini.

sampai suatu saat..

pertengahan tahun 2011, gue masuk FK alhamdulillah. disitu gue rasa perlu nge-move-on-in hp gue yang buatan vendor finlandia yang sekarang berusaha ngepromosiin windows 8 yang gue rasa biasa aja itu. di sinilah akhirnya gue bener-bener kenal sama smartphone. gue browsing sana sini, liat testi-testi yang uda pada pake, dan eng ing eng pilihan gue jatuh ke Samsung GT B7510 a.k.a Samsung Galaxy Pro dengan OS 2.2 a.k.a froyo. ini satu-satunya model candy bar yang ada keypadnya saat itu. ada keypadnya? jangan kaget, sekarang udah ada penerusnya, galaxy chat. iya, hp os android emang dikenal kan sama layar hpnya yang full capacitive touchscreen itu. sedangkan gue yang punya jari bengkak-bengkak kaya jempol semua ini dipastiin 95% bakalan selalu salah ngetik jika gue tetep pake hape yang full touchscreen. it's a big no no. jadi lah saat itu gue mecahin celengan babi gue, dan akhirnya gue bisa beli itu barang dengan harga 2,5 juta dan ngurungin niat gue buat pasang behel. lumayan mahal dulu itu jika dibandingin yang non keypad lainnya yang bisa didapetin cuman dengan 1 jutaan doang. tapi gapapa, gue anggep semua yang bikin mahal itu adalah keypadnya hhi.

dan bener aja feeling gue dari awal, kalo hp android ini emang bener-bener banyak kelebihannya, gue bisa download buanyak aplikasi berguna dan unik-unik, games yang atraktif, sampe aplikasi ga penting lainnya yang bisa gue download bakal gue download. yah asal lo tau, gue juga ngepost sekarang juga sumber internetnya ya dari hape ini, gue pake wifi tethering gitu. selain itu kegiatan perkuliahan gue juga sangat terbantu karena dari hp ini gue bisa ngebuka file-file kuliah gue termasuk e-book. hahaha.

zaman semakin maju dan sekarang android uda os.4,2 (jellybean). ternyata, sialnya gue, ini hp os nya ga bisa di upgrade, walhasil gue browsing kocar-kacir lagi gimana caranya upgrade ini hp, akhirnya gue nemu tutorialnya dan at least gue bersyukur seenggak-enggaknya hp gue berhasil gue upgrade dan root sendiri dengan resiko ini hp bakalan matot (mati total), jadilah sekarang hp gue berOS roti jahe (2.3). dan kayanya gue harus berpuas diri sama pencapaian gue ini karena emang ini hape kaga bisa diupgrade lagi.haha.

oiya, walaupun gue uda hinadinakan bb dari awal, toh, sekarang gue juga pake bb. gue pake BB Style cdma dari smart. model lipet gitu. loh gimana sih, tadi di awal uda dihina-hina, toh dipake juga? wait, sabar sodara-sodara, gue pake ini karena gue ngerasa banyak informasi yang gue miss trus gue juga cuma pake fitur bbmnya doang, iya bener, bbm doang, paketnya paket dhuafa pula, 3 bulan cuma 60rebu haha. jadi kan ternyata temen-temen di kampus gue emang semuanya 98% pake bb semua, nah mereka saling tukeran info dari situ, dan jelas lah gue yang kaga punya bb jadi kepo gatau apa-apa. sebagai orang yang ga mau ketinggalan update -gossip red, gue browsing lagi deh semua bb yg ada haha. pilihan gue jatuh di ini hp. gue beli setahun lebih yang lalu, dengan harga 1,7juta. harga yang cukup murah mengingat fitur yang dimilikinya setara bb gsm dengan harga 3 juta, salah satunya yang paling gue andalin adalah kamera 5MP+flashlight nya. hahhahaa, gue ngerasa untung lagi haha. selain itu modelnya yang ciamik selalu dipuji sama temen-temen gue hal ini buat gue ngerasa semakin keren hahha.


okelahh.
gue rasa obrolan smartphone yang random td harus disudahi, karena panjang nya nyaris ngalahin panjangnya cinta adek ke abang #halah. pesan gue, kalo emang lo mau pake smartphone, pakailah secara smart, gue ga nuntut lo musti ningkatin IQ lo, tapi yah gunain sebagaimana dia harus digunain dong. jangan bikin iri gue yang belum bisa beli smartphone os terbaru, dan lo yang bisa beli malah make itu hp kaya make hape senter, cuman sms, nelpon, sama sebagai sumber penerangan bagi lo kalo pln lgi ga bersahabat, atau kalo ngga paling banter itu hape lo buat untuk ngebohongin semua orang karena lo upload foto lo ke seluruh dunia pakai aplikasi yang bisa buat wajah kusam lo jadi bercahaya, garis-garis keriput lo ilang, dan membuat bibir lo jadi semerah delima. you know what application that I mean. wkwkwk.

kalo gitu sebagai penutupnya, gue mau bilang,  yang semangat jadi smart nya ya :) hahha

1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    ReplyDelete